Sunday, March 29, 2015

RAS

Hai semua apa kabar :). Ada yang pernah mengalami ini ga? Anda baru membeli handphone baru. Kemudian ketika Anda keluar rumah, Anda melihat banyak sekali handphone yang sama dengan milik Anda. Seakan-akan Anda melihat "semua" orang menggunakan handphone yang sama dengan milik Anda. Apa yang terjadi?

Ternyata di dalam otak kita ada istilah yang disebut RAS (Reticular Activating System), yaitu suatu bagian di dalam otak yang terletak di batang otak. RAS atau Reticular Activating System adalah 'pintu gerbang' yang menghubungkan pikiran sadar dan bawah sadar. Kejadian di atas dapat terjadi karena handphone baru tersebut "penting" bagi Anda, yang kemudian memicu RAS Anda untuk langsung aktif. Saat itu, perhatian Anda secara otomatis mengarah pada handphone tersebut. Anda pasti mengalami hal itu selama beberapa hari. Sampai akhirnya keadaan menjadi kembali normal.

RAS juga mempunyai tiga fungsi utama:
1. Menentukan apa yang menjadi fokus perhatian.
2. Menentukan seberapa besar tingkat intensitas perhatian.
3. Berapa lama perhatian itu diberikan.

Jadi, menyambung artikel yang saya bahas kemarin mengenai mengubah sudut pandang, Kita juga dapat secara sadar mengarahkan perhatian kita terhadap hal yang "penting" bagi kita. Hal ini dapat kita manfaatkan misalnya untuk mengejar "Goal" kita, atau untuk mengarahkan fokus kita terhadap hal-hal positif yang dapat membantu kita untuk menjadikan kita pribadi yang lebih baik lagi.
Berhati-hatilah dalam menentukan apa yang penting bagi Anda karena hal tersebut memicu RAS Anda untuk langsung aktif yang kemudian mengarahkan sudut pandang Anda.

"Ask yourself what is really important, and then have the wisdom and courage to build your life around your answer" (Tanyakan diri Anda apa yang sangat penting, dan kemudian milikilah kebijaksanaan dan keberanian untuk membangun hidup Anda sesuai jawaban Anda) ~ Writer Unknown

No comments:

Post a Comment